JavaScript seems to be disabled in your browser.

You must have JavaScript enabled in your browser to utilize the functionality of this website. Click here for instructions on enabling javascript in your browser.



Memulai Hobi Baru

by Nifadhilah Sofiassalam on 2018-11-15 00:05:15

Seringkali kita mendengar pertanyaan, “Kapan terakhir kali kamu melakukan sesuatu untuk pertama kalinya?"

Kenapa pertama kali itu penting? Karena melakukan berbagai hal untuk pertama kalinya dapat memberikan kita sensasi berbeda. Hal ini bagus untuk jeda terhadap rutinitas kita yang selalu itu-itu saja. Salah satu caranya adalah dengan memulai hobi baru, pasti di dunia ini ada banyak hal yang ingin kita coba untuk lakukan, tapi sayangnya kita tidak selalu memiliki kesempatan untuk melakukannya. Ketika sudah dewasa dan memiliki kesempatan itu, tidak ada salahnya kita memulai hobi yang benar-benar baru. Tidak ada kata terlambat untuk melakukannya.

Walaupun untuk memulainya seringkali ada rasa berat di awal, rasa sulit untuk memulai, lakukan saja dulu. Lakukan hal-hal yang menyenangkan untukmu, mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu. Misalnya kamu ingin memiliki hobi baru menggambar, tidak apa-apa jika kamu mulai dari menggambar bentuk-bentuk yang sederhana terlebih dahulu, seperti lingkaran, kotak, segitiga, bintang dan sebagainya. Mengawali sebagaimana anak-anak kecil melakukannya. Perlahan, di tengah prosesnya mungkin kamu akan merasa bahwa ini tidak sesuai untukmu, kamu tidak punya bakat untuk melakukannya, jangan dirimu menyerah dengan mudah.

Konsisten untuk melakukannya juga penting untuk mengembangkan hobi baru. Jika kamu ingin memulai hobi baru seperti menulis misalnya, menulislah setiap hari dengan mendeskripsikan hari itu dalam satu kalimat, seperti “Hari ini menyenangkan, tanganmu menggenggamku hangat, lebih dari saat aku menggenggam cangkir tehku tadi pagi.” Lakukan ini setiap hari dengan rutin, lama-lama mungkin kamu bisa menerbitkan buku. Siapa yang tahu? Namun, jika sampai akhir kamu merasa ini tidak mudah, melakukannya sungguh berat, dan kamu ternyata tidak menyukainya lagi seperti dulu kamu ingin melakukannya, tidak apa-apa. Kamu boleh meninggalkannya, setidaknya kamu pernah memiliki pengalaman, tentang seperti apa rasanya, sensasinya melakukan hal-hal baru yang kamu ingin lakukan. Mulailah kembali hobi baru, sekali lagi, yakin pasti ada banyak hal yang kamu inginkan dalam dalam daftarmu. Jadi, selamat mencoba-coba dan bersenang-senang, semoga saja ada satu hobi yang membuatmu merasa cocok.


Editor: Angela Shinta Dara Puspita

Photo: @byputy

Recent Post
Categories