JavaScript seems to be disabled in your browser.

You must have JavaScript enabled in your browser to utilize the functionality of this website. Click here for instructions on enabling javascript in your browser.



Maybe it’s time to discover yourself more

by Angela Shinta on 2019-04-03 16:55:13

Folks, apa yang kamu lakukan ketika perasaan-perasaan tidak mengenakkan datang? Seperti sedih, gelisah, merasa tidak menambahkan nilai apa-apa terhadap apa yang dipercayakan padamu, atau perasaan bahwa kamu adalah yang terburuk dari sekian banyak kolegamu. Mengutip kalimat dari Adjie Santosoputro, seorang ahli di bidang self healing and mindfulness, bahwa seperti halnya bahagia, perasaan-perasaan sedih juga butuh kita terima dan rasakan.

Setelah menerima perasaan tidak mengenakkan itu, coba kita melihat ke dalam sendiri. Kira-kira, apa yang menyebabkan berbagai perasaan dan pikiran negatif itu muncul? Sebagian orang memilih jalan-jalan ke tempat yang jauh dan belum pernah dikunjungi sebelumnya. Menyenangkan memang, tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk melakukannya, kan? Mari coba terlebih dahulu cara sederhana ini. Kamu butuh selembar kertas dan pena untuk menuliskannya satu demi satu. Pertama, ceritakan yang kamu rasakan dan pikirkan. Tuliskan semuanya, bahkan sampai selembar hingga dua lembar kertas tidak cukup lagi. Setelah itu, ceritakan juga apa yang membuatmu merasakan dan memikirkannya. Apakah pekerjaanmu, atau keseringan membuka media sosial, atau kekhawatiranmu terhadap masa depan? Ceritakan.

Sekarang, waktunya kamu menyortir. Apa saja hal-hal yang harus kamu kurangi dan kamu tambah, supaya kamu merasa lebih baik. Apakah itu seorang teman yang akhirnya kamu rasa memberikan pengaruh negatif? Atau mungkin pikiran-pikiranmu sendiri yang terlalu khawatir tentang hal-hal kecil membuatmu jadi kurang bersyukur? Coba timbang-timbang, mungkin saja kamu juga menemukan bahwa kamu perlu mengubah rutinitas. Kamu mungkin ingin mencoba yoga, mengikuti komunitas baru, bahkan mungkin melakukan hal yang selama ini menjadi ketakutanmu.

Setelah kamu memetakan dan menyortir, putuskan tindakanmu! Mari buat list yang berisi aktivitas konkret berdasarkan apa yang sudah kamu dapatkan dari menyortir. Jika kamu merasa lelah karena begadang tanpa alasan yang jelas, lalu di pagi hari merasa tidak semangat, coba cari cara-cara mengatasinya. Misalnya, minum susu hangat sebelum tidur, kemudian memilih jam tidur tidak diatas tengah malam. Jangan lupa untuk tetap konsisten melakukannya ya. Menurut penelitian, sesuatu yang dilakukan berulang-ulang selama 21 hari akan menjadi sebuah kebiasaan baru. Nah, tidak ada salahnya kan memiliki kebiasaan baru yang lebih positif? Kenali dirimu lebih jauh, jika kebiasaan tersebut membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik, kamu berhasil.

Biasanya dengan memetakan seperti ini, semuanya akan kelihatan lebih jelas Folks. Kamu pun jadi lebih mengerti apa sebenarnya yang kamu inginkan. Apalagi, ketika kamu memutuskan mencoba hal yang tidak pernah kamu duga-duga sebelumnya, adrenalinmu jadi terpacu, ada kejutan-kejutan kecil saat kamu mencobanya. Aku pun melakukannya Folks, tahun kemarin adalah pertama kalinya aku mencoba facial. Hal ini kuputuskan karena salah satu hal yang membuat mood ku tidak baik di pagi hari adalah jerawat membandel yang kulihat di kaca tiap akan memulai aktivitas. Facial untuk pertama kali, rasanya sangat menyenangkan, aku pun turut menebak-nebak apa yang akan dilakukan selanjutnya kepada wajahku, hahaha.


P.S. Artikel ini pernah dimuat di Folksy Magazine edisi 17

Recent Post
Categories