JavaScript seems to be disabled in your browser.

You must have JavaScript enabled in your browser to utilize the functionality of this website. Click here for instructions on enabling javascript in your browser.



Battling Negativity in Simple Ways

by Rizkika Zulhijjiani on 2018-11-30 21:56:28


Selain udara dan partikel-partikel kecil lain, ada satu hal yang sebenarnya selalu menghampiri kita setiap hari lho folks. Ya, negativitas. Ia adalah godaan yang cukup menggiurkan. Malas-malasan, belanja ini-itu tanpa ada tujuannya, sampai indahnya menunda sebuah pekerjaan. Kalau dibiarkan, dia bisa menjelma jadi bad habit dan berdampak pada pola hidup kita kedepannya. Baik dari segi gaya hidup, keuangan, hingga kesehatan. Jadi, kita harus melawannya agar tidak keterusan. Kali ini, Tim Folksy ingin mengajakmu refleksi sebentar tentang negativitas yang kita jumpai sehari-hari. Kadang, beberapa hal ini bahkan datang sebagai sesuatu yang dilematis.

Ronde I: Bangun pagi vs Bangun siang

Bangun agak siangan setelah malamnya begadang bukanlah masalah. Tapi, bangun kesiangan hingga sinar matahari masuk ke ruangan bisa mengurangi kualitas tidur kita loh, nanti pas bangun bukannya segar tapi malah pusing. Pasang jam alarm, jangan langsung dimatikan ketika berbunyi, buka jendela sambil pikirkan apa saja hal-hal yang bisa kita dapatkan dari bangun pagi, misal: sempat menonton video Youtube sebelum berkegiatan, atau baca berita hari ini!

Ronde II: Bawa vs Tinggalin gawai

Challenge diri sendiri untuk tidak membawa gawai saat kuliah atau meeting, terdengar sangat berat ya Folks. Apalagi, sekarang orang-orang lebih memilih untuk berkomunikasi hanya melalui aplikasi chatting di ponsel. Tapi, gawai ternyata merupakan pendistraksi yang sangat kuat lho, apalagi dengan adanya media sosial, duh rasanya mau buka Instagram dan Twitter setiap 10 menit sekali! Coba deh tinggalin gawaimu dan nikmati kegiatanmu dengan khidmat.

Ronde III: Makan minum sehat vs Makan minum enak

Sebagai negara tropis, suhu kota memang sangat gerah. Jadinya, setiap makan harus ditemani es teh biar segar. Hmm, padahal katanya apabila langsung meminum es teh setelah makan, bisa bikin anemia lho! Di samping itu, jika setiap hari kita mengonsumsi es teh manis dengan gula pasir berlebihan, bisa memicu diabetes juga. Biar hidup sehat, kayaknya nanti minum air putih aja deh selepas makan, tetap segar kok!

Ronde IV: Sekarang vs Nanti

Sepulang dari berkegiatan, tugas-tugas bukan berkurang, tapi malah semakin bertambah. Nah, kalau selesai dari satu kegiatan lalu tidak ada lagi aktivitas lain yang mendesak di hari tersebut, maka istirahatkan diri dulu sebentar. Cobalah tidur siang, lalu mengerjakan tugas yang sudah mulai menumpuk tersebut. Kalau tugasnya sangat banyak, kemudian dikerjakan sekarang saja tidak selesai-selesai, apalagi kalau dikerjakan nanti-nanti.

Ronde V: Belanja karena kebutuhan vs Belanja karena keinginan

Belanja itu menyenangkan, memang! Memanjakan diri dengan belanja barang-barang kesukaan kita, memang perlu sebagai apresiasi atas kerja keras selama ini. Tapi, apabila tidak dibatasi mungkin semua barang akan kita beli. Maka, menyusun skala prioritas sangat perlu lho, apalagi dalam urusan belanja. Supaya saat di kasir nggak shock sama tagihan!

Ronde VI: Tidur cepat vs Begadang

Kalau kata Bang Rhoma Irama, jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang boleh kalau mendesak banget ya folks. Kalau tidak mendesak, kita berikan batasan-batasan untuk diri sendiri. Misalnya jam 12.00 harus sudah naik ke kasur dan tidur, bukan malah main gawai nggak karuan.

illustration: @ugagoo

Recent Post
Categories